Sabtu, 03 November 2012

4. Sumber Daya Manusia

       Jumlah penduduk di kawasan Asia Tenggara cukup banyak, mencapai kurang lebih 556.017.753 jiwa. Jumlah tersebut terdiri atas berbagai macam ras, suku bangsa asli dari masing-masing negara. Hal ini merupakan modal sumber daya manusia untuk pembangunan. 
       Kendala yang dihadapi setiap negara adalah banyaknya jumlah penduduk tersebut tidak diimbangi dengan pemerataan penduduk, sehingga terjadi pemusatan-pemusatan penduduk.

5. Sosial Ekonomi
       Sebagian besar masyarakat di negara-negara Asia Tenggara  mendiami daerah pedesaan karena mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah dari sektor Agraris. Satu-satunya negara yang mayoritas penduduknya tinggal di daeraah perkotaan adalah Negara Singapura, karena Singapura merupakan negara majuyang perekonomiannya ditunjang dari sektor industri dann perdagangan.
       Agama yang berkembang di Kawasan Asia Tenggara, yaitu Islam, Kristen atau Katolik, Hindu dan Buddha, selain itu ada juga agama Kong Hu Cu dan beberapa aliran kepercayaan di berbagai negara.
       Di bidang ekonomi, kebanyakan negara-negara di Asia Tenggara masih digolongkan negara berkembang, kecuali Singapura. Pada umumnya, ekonomi kawasan Asia Tenggara masih banyak bergantung pada alam. Dengan adanya pembentukan kawasan perdagangan bebas Asia Tenggara oleh Negara -negara ASEAN diharapkan mampu mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di berbagai bidang pada Kawasan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar